Senin, 10 September 2012

Jaga Keawetan Komputermu



CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER

Langkah langkah menghidupkan Koputer adalah sebagai berikut: 

- Pasangkan kabel power pada UPS/Stabilizer (jika ada) ke stopkontak.
- Pasang kabel power CPU dan Monitor pada stopkontak yang ada pada UPS/stabilizer
- Tekan tombol ON pada UPS/Stabilizer.
- Tekan tombol power monitor, kemudian tekan tombol power pada CPU
- Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses booting, yaitu proses suatu komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU (memory, clock, RAM dan lain sebagainya).
- Setelah proses Booting selesai, di layar muncul kotak dialog untuk mengisi Username dan Password. (jika menggunakan password)
- Setelah selesai, muncul desktop.
- Pada tahap inilah, komputer siap digunakan untuk menjalankan aplikasi dan program sesuai dengan kebutuhan. (Program dapat di jalankan melalui shortcut icon pada desktop, taskbar, atau pun melalui windows explorer)

Langkah langkah mematikan komputer adalah sebagai berikut:

- Pastikan semua aplikasi yang telah anda gunakan sudah ditutup. (dengan meng-klik tanda silang (X) pada tiap program, atau dengan menekan alt+F4 pada keyboard, ataupun dengan menekan crtl+Alt+delete untuk meng-end task program (biasanya untuk program yang sedang error))
- Pada menu Pull-down Start, klik Shutdown-OK (windows 98) atau klik start>Turn Off computer, maka akan ada 3 pilihan (stand by, turn off, restart)>klik Turn Off (windows XP).
- Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan ‘windows is shutting down’ (windows 98). Setelah itu computer akan mati dengan sendirinya.
- Tekan tombol OFF pada monitor, CPU dan UPS/stabilizer.
- Done!!

1 komentar: