Selasa, 18 September 2012

Align di Adobe Illustrator




Align adalah pensejajaran objek yang mengacu kepada Artboard Crop Area dari sebuah dokumen. Misalnya, ada sebuah objek yang ingin kita tempatkan di tengah-tengah, kiri atau kanan sebuah artboard atau crop area baik secara horizontal maupun vertical secara otomatis dan lebih mudah.

Align pada Adobe Illustrator terdapat pada control palette. Jika titak ada, kita dapat mengaktifkannya melalui windows>align (pada bilah menu Adobe Illustrator) atau dengan menekan Shift+F7 pada keyboard. 















Untuk menerapkannya, pertama-tama pilih objek yang ingin di sejajarkan dengan artboard, sebagai contoh, buat beberapa objek dengan bentuk dasar dari artboard menggunakan rectangle tool, rounded rectangle tool, elips tool, polygon tool, atau star tool, dan tempatkan secara acak seperti gambar dibawah.



Pilih semua objek, kemudia buka align control palette, lalu klik tanda panah kecil di bagian artboard, kemudian pilih Artboard (jika objek ingin disejajarkan berdasarkan artboard). Dapat juga kita mensejajarkan semua objek dengan satu objek sebagai patokan dengan men-klik align to key object.



Jika sudah meng-klik align to artboard, klik pada Horizontal Align Center jika objek ingin ditempatkan ditengah artboard secara horizontal. Lalu coba juga klik pada Horizoltal Align Left untuk menempatkan objek secara horizontal sebelah kiri, dan Horizontal Align Right untuk menempatkan objek secara horizontal sebelah kanan pada artboard.
























Sama halnya dengan menempatkan objek, Vertical Align Top, Vertikal Align Center, dan Vertical Align Bottom, adalah untuk menempatkan objek secara vertikal pada bagian atas tengah dan bawah pada artboard. Untuk contoh gambar, silahkan latihan sendiri. :D

Distribute object ialah untuk pensejajaran antar objek-objek dengan jarak yang sama antara satu sama lain.

Distribute objek Align to artboard ialah untuk mengsejajarkan dan memberijarak antara objek satu dengan objek lain dengan dua buah objek sebagai patokan yaitu objek paling pinggir atas bawah, untuk Distribute Vertical, dan kanan kiri untuk Distribute Horizontal yang terpilih secara otomatis sesuai letak objek.




















Distribute objek Align to key objection ialah untuk mengsejajarkan dan memberi jarak antar objek satu dengan objek lain dengan satu objek yang telah di pilih sebagai patokan. Disini digunakan Distribute Spacing untuk memberikan jarak antara objek sesuai keinginan. Vertical Distribute Spacing untuk memberi jarak antara objek yang vertikal, dan Horizoltal Distribute Spacing untuk member jarak antara objek yang horizontal.











1 komentar:

  1. kak, gimana caranya supaya settingan "align to key objek" selalu dan tidak berubah? soalnya kalo pencet objek lain selalu berubah ke "align to selection" kzl

    BalasHapus